Sharing Data Menggunakan Kabel LAN

| Minggu, 15 Mei 2016
Assalamualaikum Terimakasih telah berkunjung ke blog saya yg sederhana ini. 
Kali ini saya akan membahas tentang cara 
"Sharing Data Menggunakan Kabel LAN"
Seperti Judul postingan ini alat - alat atau perangkat yg di perlukan adalah:

1. Kabel LAN jenis RJ45  
2. Laptop/ PC 2 unit
3. Os yg saya gunakan Windows 10 untuk Laptop 1 dan Windows 7 untuk Laptop 2.


Langkah - Langkah nya adalah sebagai berikut :

1. Sambungan Kabel LAN RJ45 ke Laptop 1 Dan Laptop 2

2. Konfigurasi IPV4 Laptop 1 dan Laptop 2 dan bedakan nomer belakang 
nya untuk caranya bisa melihat Referensi di Postingan saya yg ini :
( http://goo.gl/xiZFao )

3.Untuk Settingan IPV4 yg saya gunakan adalah "192.168.137.1" Untuk Laptop 1 dan "192.168.137.127" Untuk Laptop 2.

4. Apabila sudah di konfigurasi maka bisa lanjut ke langkah selanjutnya
dengan cara buka desktop dan klik kanan di ICON yg bergambar Wireless dan piih menu "Open Network and Sharing Center" 



5. Akan keluar tampilan windows seperti di bawah ini dan pilih menu 
"Change Advance Sharing Center" yg berada di kiri atas.



6. Samakan Settingan yg di pakai seperti di bawah ini lalu klik icon "Save Changes" untuk menyimpan settingan yg di ubah.



7. Pilih Folder/File yg ingin anda Sharing (Bagikan) pada Laptop 1 dengan laptop 2 Dengan cara Klik kanan pada FOLDER nya lalu pilih menu 
"Share with" (tanpa tanda kutip) dan pilih "Specific People...." 
untuk informasi share lebih Spesifik/Detail. 



8. Pilih Kategori siapa saja yg dapat mengakses file yg anda sharing tadi.
Saya memilih menu "Everyone" (Semuanya) berarti semua yg terkoneksi dengan LAPTOP 1 dapat mengakses file yg kita sharing tadi lalu klik "Add"



9. Lalu untuk "Permission Level" ganti menjadi "Read/Write" agar orang yg mengakses File kita Mendapat ijin untuk membaca dan mengedit File yg kita sharing.



10. Setelah itu klik saja button Share dan File tersebut telah Selesai di Sharing/Bagikan.



11. Sekarang beralih ke LAPTOP 2 kita akan mencoba mengakses FILE yg di sharing tadi oleh LAPTOP 1 dengan cara buka "File Exporer" atau bisa menggunakan Tombol cepat yaitu menekan "Windows + E"
Lalu ketik IPV4 LAPTOP 1 di kolom paling atas seperti di bawah ini
Karena Laptop 1 menggunakan IP 192.168.137.1 maka ketikan IP tersebut lalu enter untuk mengakses File yg di sharing tadi.



12. Setelah itu maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini berarti kita sukses terkoneksi/terhubung dengan LAPTOP 1 dan di bawah ini dapat di lihat daftar File yg di share oleh LAPTOP 1.
Saya akan mencoba membuka file "Anime" dan mengcopy salah satu isi dari file tersebut.



13. Perlu di ketahui bahwa kita ini sekarang sedang mengakses LAPTOP 1 dengan LAPTOP 2 sebagai perantaranya.
Saya mengcopy salah satu FILM di LAPTOP 1 untuk LAPTOP 2.



14. Saya Buka Local Disk D dan menyimpan File tadi di Folder "hasil sharing" dan membuka Folder nya.



 15. Setelah di buka Folder nya saya Paste file film yg tadi saya Copy di Laptop 1 dan tunggu proses nya sampai selesai.



16. Setelah proses di atas selesai berarti anda suskses dan dapat mentransfer DATA melalui RJ45 dan langkah selanjutnya adalah membuat "MAP NETWORK DRIVE" atau bisa di bilang shortcut dari LAPTOP 1 menuju File yg berada di LAPTOP 2 agar kita mudah mengakses file tersebut.
Caranya adalah Pilih Folder yg ingin di buat shortcut nya lalu Copy Alamat folder nya seperti di bawah ini.



17. Lalu klik kanan di icon "Network" yg berada di kiri bawah seperti di bawah ini lalu pilih menu "Map Network Drive..."



18. Pilih drive virtual yg ingin di pakai, saya menggunakan drive "R" karena itu menggunakan inisial nama saya (Retsa) hehehe lalu paste Link Folder yg tadi kita copy ke text box "Folder: " lalu klik button "Finish"



19. Setelah berhasil membuat Virtual driver tadi anda bisa melihat nya di "THIS PC"(MY COMPUTER) dan akan keluar tampilan seperti di bawah ini.



20. Silahkan buka Drive yg kita buat tadi maka akan otomatis masuk ke FOLDER yg di sharing oleh LAPTOP 2 tadi dan kita bisa mudah mengaksesnya :D






*Terimakasih telah menyimak semoga anda tidak bosan dengan postingan saya, dan maaf bila ada salah kata atau penulisan. Wasalam*


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲